28 Februari 2014

PEDULI YATIM

Keutamaan Anak Yatim
"Santunan Kita Senyum Kebahagiaan Bagi Mereka"
Temen-temen Meja-Online, para pengasuh, pengurus, dan penyantun anak yatim yang mulia; apakah dalam hati temen-temen ada kekerasan dan temen-temen ingin agar Allah SWT menghilangkannya? Apakah temen-temen ingin menjadi teman Nabi SAW di surga kelak? Apakah temen-temen ingin mendapatkan kebajikan yang melimpah dengan suatu amalan yang sederhana?

Jika temen-temen menginginkan semua itu maka posisikanlah diri anda sebagai orang tua, pemelihara, penyantun anak yatim, sayangilah mereka, dekatilah mereka, senyumlah kepada mereka, belailah kepalanya, senangkanlah hati mereka dan datangkan kegembiraan dalam jiwanya yang kehausan.

Berbakti Kepada Anak Yatim Merupakan Kebajikan Terbesar:
Allah SWT memerintahkan untuk berbuat baik kepada anak yatim dalam beberapa ayat-Nya yang mulia, diantaranya adalah firman Allah SWT: (sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatupun. dan berbuat baiklah kepada dua orang ibu-bapa, karib-kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin, tetangga yang dekat dan tetangga yang jauh, dan teman sejawat, Ibnu sabil dan hamba sahayamu. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong dan membangga-banggakan diri,) (QS. An-Nisa`: 36).

Dan juga firmanNya: (…. dan mereka bertanya kepadamu tentang anak yatim, katakalah: "Mengurus urusan mereka secara patut adalah baik, dan jika kamu bergaul dengan mereka, Maka mereka adalah saudaramu; dan Allah mengetahui siapa yang membuat kerusakan dari yang Mengadakan perbaikan. dan Jikalau Allah menghendaki, niscaya Dia dapat mendatangkan kesulitan kepadamu. Sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.) (QS. Al-Baqarah: 220).

Allah SWT juga menjadikan berbuat baik kepada anak yatim sebagai amalan kebajikan terbesar; Allah SWT berfirman: (bukanlah menghadapkan wajahmu ke arah timur dan barat itu suatu kebajikan, akan tetapi Sesungguhnya kebajikan itu ialah beriman kepada Allah, hari Kemudian, malaikat-malaikat, kitab-kitab, nabi-nabi dan memberikan harta yang dicintainya kepada kerabatnya, anak-anak yatim, orang-orang miskin, musafir (yang memerlukan pertolongan) dan orang-orang yang meminta-minta; dan (memerdekakan) hamba sahaya, mendirikan shalat, dan menunaikan zakat; dan orang-orang yang menepati janjinya apabila ia berjanji, dan orang-orang yang sabar dalam kesempitan, penderitaan dan dalam peperangan. mereka Itulah orang-orang yang benar (imannya); dan mereka Itulah orang-orang yang bertakwa.) (QS. Al-Baqarah: 177).

Sedangkan Rasulullah SAW perhatiannya terhadap anak yatim sangatlah besar sampai-sampai beliau memberikan kabar gembira kepada orang yang mengasuhnya dan memenuhi kebutuhannya untuk menjadi teman beliau di surga yang luasnya adalah seluas langit dan bumi; beliau bersabda: “Aku dan pengasuh anak yatim dalam surga seperti ini” beliau memberikan isyarat dengan jari telunjuk dan jari tengahnya dengan merenggangkan sedikit [HR. Bukhori]. Ibnu Bathal mengatakan: kewajiban orang yang mendengarkan hadits ini adalah untuk mengamalkannya agar menjadi teman Nabi SAW di surga yang tidak ada kedudukan yang lebih mulia darinya.

Sebagaimana juga Nabi SAW memberikan kabar gembira kepada orang yang berbuat baik terhadap anak yatim meskipun hanya dengan membelai kepalanya dengan kebaikan yang sangat banyak; beliau bersabda: “barang siapa yang membelai kepala anak yatim dan tidak membelainya kecuali karena Allah SWT; maka baginya pada setiap rambut yang dibelainnya adalah kebaikan; dan barang siapa yang berbuat baik kepada anak yatim yang ada dalam tanggungannya maka aku dan dia di surga bagaikan ini”.

Dalam Berbuat Baik Kepada Anak Yatim Terdapat Keselamatan:
Allah SWT memberikan pengasuh dan penanggung anak yatim keselamatan dan jalan keluar dari huru-hara dan kesulitan-kesulitan pada hari kiamat; Allah SWT berfirman: (tetapi Dia tiada menempuh jalan yang mendaki lagi sukar. tahukah kamu Apakah jalan yang mendaki lagi sukar itu? (yaitu) melepaskan budak dari perbudakan,atau memberi Makan pada hari kelaparan, (kepada) anak yatim yang ada hubungan kerabat,) (QS. Al-Balad: 11-15)

Sayang Terhadap Anak Yatim Menghilangkan Kekerasan Hati:
Ada seorang lelaki yang mengadu kepada Rasulullah SAW akan kekerasan hatinya dan beliau mewasiatinya dengan membelai kepala anak yatim.

Nabi SAW juga memberikan pujian kepada kaum wanita Quraisy atas upayanya dalam menjaga anak yatim. Rasulullah SAW bersabda: “sebaik-baiknya wanita penunggang unta adalah wanita quraisy, merekalah yang paling penyayang terhadap anak yatim di masa kecilnya dan sangat menjaga suami yang ada disisinya”.

Wahai saudaraku para pembina anak yatim; dengan amalan yang anda lakukan anda akan bersama Rasulullah SAW di surga; namun dengan syarat mengikhlaskan niat kepada Allah SWT dan yakinlah bahwa didikan yang anda berikan terhadap anak yatim, kesabaran anda atas perilaku mereka dan ajaran Al-Qur`an dan ibadah yang anda berikan kepada mereka adalah pahala dan kebaikan yang tidak akan pernah terputus sampai setelah kematian anda. Maka bersegeralah dan manfaatkanlah kesempatan berharga ini untuk memperhatikan anak yatim.

Tujuan dari Program ini adalah :
  1. Membantu anak-anak yatim di wilayah Desa Cibeber I Kec. Leuwiliang Kab. Bogor Prov. Jawa Barat Indonesia.
  2. Mempererat hubungan dengan member di Page ini.
  3. Meningkatkan amal ibadah para member.
  4. Membantu mengingatkan sedekah atau zakat.
  5. Membuat Acara/Kegiatan yang berhubungan dengan pemberian santunan anak yatim.
  6. MEMBUMI MANUSIA dengan BERIMAN, BERTAKWA dan BERBUAT BAIK sesamanya.

Jadikanlah ayat-ayat Al-Qur`an dan hadits-hadits Nabi SAW yang kami sampaikan di atas sebagai dorongan, selogan dan kalimat yang senantiasa berada di depan anda yang mendorong anda untuk senantiasa berbuat untuk anak yatim dan sabar atas perilakunya. Mudah-mudahan Allah SWT menyertai dan memudahkan langkah kita dalam menggapai kebaikan dan ketaatan kepadaNya; karena sesungguhnya hanya Allah SWT-lah pemimpin hal ini dan yang mampu menguasainya. Allahumma Amiiiin…… 

Jika temen-temen semua tergugah hatinya dan bemaksud menginfaqkan sebagian hartanya untuk kebahagiaan mereka, silahkan transfer ke rekening BNI dengan Nomor Rekening 021-546-5237 a.n. Endah Permata Salim.

inspirasi http://www.gerakkan-sedekah-membabibuta.com
Share this article now on :

Posting Komentar

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( :-p =))

Silahkan Copy Paste Artikel ini jika dianggap bermanfaat, tetapi dengan menyertakan Link Sumbernya (link hidup).